Monday, March 25, 2013

Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan "Stik Pico (Pisang Coklat)"


A.  LATAR BELAKANG MASALAH

   Kesehatan adalah hal yang terpenting dalam hidup. Untuk menjaga kesehatan ada banyak hal yang dapat kita lakukan, cara tersebut diantaranya adalah : Berolahraga, makan makanan yang bergizi dan banyak mengandung serat. Makan makanan yang bergizi, hal itu kedengarannya sangat mudah, namun dewasa ini di sekitar kita banyak terdapat oknum- oknum pedagang yang berlaku curang demi meraup keuntungan yang berlimpah. Salah satu siasat licik yang sering pedagang gunakan adalah dengan mencampur bahan- bahan berbahaya yang tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia.
Makanan ya
ng sering dicampuri oleh pedagang adalah gorengan yang banyak dijajakan di pinggir – pinggir jalan. Termasuk di dalamnya yaitu pisang goreng yang tidak jarang dalam proses produksinya dicampuri zat- zat berbahaya. Padahal banyak sekali manfaat dari buah pisang itu sendiri. Selain mengenyangkan karna mengandung 3 gula alami yakni : sukrosa, glukosa, dan fruktosa, pisang juga mengandung banyak kandungan yang menyehatkan kandungan tersebut antara lain : sodium, kalori, karbohidrat, vitamin A, B, C, Protein, lemak, kalsium, besi dan juga serat. Semua kandungan itu sangat bermanfaat bagi manusia, dengan catatan sesuai dengan porsi yang dianjurkan.
Ada sebuah riset yang menyatakan bahwa 1 buah pisang itu khasiatnya lebih baik daripada 2 buah apel. Itu adalah bukti betapa dahsyat manfaat buah pisang ini.Adapun manfaat pisang diantaranya : menambah konsentrasi, memperlancar peredaran darah, mengatasi stroke, mengatasi rasa lelah, mengatasi diare dan sembelit, menyehatkan usus, membantu mengatasi anemia, dan masih banyak lagi manfaat dari buah yang satu ini.
Namun kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap remeh buah satu ini. Hal ini dikarenakan kurang adanya inovasi dalam penolahan pisang menjadi bahan pangan. Umumnya masyarakat Indonesia jenuh dengan olahan pisang yang hanya berkutat pada beberapa olahan saja, seperti : pisang goreng, kolak, sale, molen. Hanya sebatas itu saja. Padahal jika diteliti lebih dalam lagi buah pisang ini bisa dijadikan bermacam jajanan yang nikmat sekaligus bergizi.
Untuk menjawab kebosanan masyarakat itulah, maka kami membuat suatu inovasi kudapan yang enak di lidah tapi juga bermanfaat bagi tubuh berbahan dasar pisang. Kudapan ini  kami beri nama Stik PICO ( Pisang Coklat ). Kudapan ini terinspirasi dari cheese stik. Berbeda dari cheese stik pada umumnya, kudapan ini tidak menggunakan keju sebagai bahan dasarnya, tetapi kami menggunakan pisang sebagai pengganti keju dan menambahkan coklat untuk menambah rasa lezat dari kudapan ini. Selain enak, kudapan ini juga terbuat dari 100 % bahan alami, tanpa campuran bahan berbahaya sedikitpun. Dengan hadirnya kudapan  ini diharapkan dapat menambah keanekaragaman olahan pisang, selain itu juga menambah nilai jual olahan pisang serta agar masyarakat tidak meremehkan buah ini, yang ternyata di dalamnya terdapat sejuta manfaat.

      
B.PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian diatas, timbul suatu permasalahan yakni :
1.    Bagaimana cara meningkatkan nilai jual kudapan berbahan dasar  buah pisang ?
2.    Bagaimana tingkat produktivitas stik pisang coklat agar memenuhi permintaan konsumen?
3.    Bagaimana hasil penjualan kudapan berbahan dasar buah pisang ?
    
C.      TUJUAN

1.    Menguraikan cara- cara untuk meningkatkan nilai jual kudapan berbahan dasar buah pisang.
2.    Menjelaskan tingkat produktivitas stik pisang coklat yang dapat memenuhi permintaan konsumen.
3.    Menguraikan hasil penjualan stik pisang coklat.



D.      LUARAN YANG DIHARAPKAN
Memproduksi Stik PICO ( Pisang Coklat ) sebanyak :
     1 minggu                     = 400 pcs
     1 bulan (400 x 4 )        = 1.600 pcs
     1 tahun ( 1.600 x 12)   = 19.200 pcs

Artikel ilmiah mengenai olahan bebahan dasar buah pisang.

E.       KEGUNAAN
Program ini memiliki beberapa kegunaan diantaranya :
1.      Dari segi ekonomi :
·         Melatih mahasiswa dalam berwirausaha.
·         Membangun kemandirian mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan sebagai konsekuensi dari keberhasilan membangun usaha.
·         Mendapatkan laba dari jerih payah sendiri.
·         Mendapatkan pengalaman usaha yang kelak dapat dijadikan sebagai bekal dalam menjalankan suatu usaha.
2.      Dari segi iptek :
·         Membuat tren baru olahan berbahan dasar buah pisang yang diminati oleh masyarakat

F.       GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1.      Analisis Produk
a.       Jenis dan Nama Produk,Karakteristik Produk
          Produk yang hendak diproduksi adalah camilan berbahan dasar buah pisang yang kami beri nama STIK PICO (Pisang Coklat). Karakteristik produk ini berupa stik, yang dikemas dalam kemasan plastik ukuran 40 gr.
b.      Keunggulan  Produk
          Camilan berbahan dasar pisang ini memiliki keunggulan dapat mengenyangkan, selain itu juga bermanfaat untuk menambah konsentrasi,memperlancar peredaran darah, mengatasi anemia, serta masih banyak lagi. Selain itu produk ini juga dapat mengurangi kebosanan masyarakat dalam mengonsumsi camilan berbahan dasar pisang.
          Lebih lanjut, produk ini tidak mengandung pengawet, pewarna, pemanis buatan serta bahan kimia berbahaya lainnya, sehingga produk ini merupakan camilan yang nikmat sekaligus sehat.
2.      Analisis Pemasaran
a.       Profil Konsumen
          Target konsumen dari STIK PICO (Pisang Coklat) ini adalah semua lapisan masyarakat mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa, karna camilan ini berharga murah, enak serta sehat.

b.      Media Promosi
          Dalam memperkenalkan produk ini kepada masyarakat kami menggunakan 2 cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung yaitu dengan memberikan sample ( coba gratis ). Secara tidak langsung yaitu dengan memanfaatkan media yang berada disekitar kita. Media yang kami pilh yakni media  cetak. Caranya yakni dengan menyebarkan brosur, memasang pamflet.
c.       Target atau Rencana Penjualan
Rencana penjualan dari STIK PICO (Pisang Coklat) adalah sebagai berikut :
1 minggu                      = 400 pcs
1 bulan (4 x 400)         = 1.600 pcs
1 tahun (12 x1.600)     =  19.200 pcs
Harga produk yang ditawarkan yaitu Rp 2.000/pcs

d.      Strategi Pemasaran yang Akan Diterapkan
          Strategi Pemasaran yang digunakan dalam pengembangan STIK PICO (Pisang Coklat) ini menggunakan analisis bauran pemasaran yaitu:
1.      Kebijakan Produk
            Usaha ini bergerak dalam bidang home industri yakni pengolahan camilan berbahan dasar buah pisang.
2.      Kebijakan Harga
                                    Produk ini kami jual seharga Rp 2.000,00.
3.      Kebijakan Promosi
            Media promosi yang digunakan yakni : brosur, pamflet, dan coba gratis.
4.      Kebijakan Distribusi
            Distribusi hasil produk kepada konsumen dilakukan melalui 2 cara, yakni :
-     Secara Langsung
              Menjual produk ini secara langsung kepada masyarakat sekitar unnes.
-     Secara Tidak Langsung
              Melalui kerjasama dengan menitipkannya di mitra kerja kami yakni : Kantin Rusunawa. Untuk saat ini kami hanya mempunyai 1 mitra namun kelak diharapkan dapat berkembang menjadi lebih banyak lagi.
3.      Analisis Operasional
a.       Proses Produksi :
Campur semua adonan, aduk hingga kalis
Blender  pisang, tambahkan susu bubuk, gula halus, air es & telur
Ayak tepung terigu, tepung kanji, garam & soda kue
Gilas & tipiskan adonan menggunakan penggiling  mie.
Goreng
Potong –potong sepanjang 10 cm
 
















Setelah dingin, taburi dengan coklat bubuk
           
Kemas dalam kemasan plastik.
 



4.      Analisis Keuangan
a.       Proyeksi Laba Rugi
Laporan Laba Rugi selama satu bulan pertama, yaitu:
Penjualan 1.600 unit x Rp 2.000,00                            Rp   3.200.000,-
Harga Pokok Penjualan                                               ( Rp,1.322.000,-)
Laba kotor                                                       Rp 4.125.000,-                                                               
Beban-beban usaha:
§  Beban gaji                           Rp   900.000,-
§  Beban listrik                       Rp  200.000,-
§  Beban air                            Rp  100.000,-
§  Beban promosi                    Rp   300.000,-
§  Beban air                            Rp  100.000,-
§  Beban lain-lain                    Rp   100.000,- +
                                                                                          (Rp   1.700.000,-)
                  Laba Bersih (usaha)  Per Bulan                  Rp     2.425.000,-



b.      Break Event Point (BEP)
BEP dalam satu bulan dapat dihitung sebagai berikut :
BEP Harga Produksi  =    Total Biaya                  
                                          Volume Produksi
                                   =      Rp 3.022.000,-                        
                                          1.600
                                   = Rp  1888,75
Artinya, pada tingkat harga sebesar Rp 1888,75 usaha ini berada pada titik impas.

BEP Volume produksi      = Total Biaya 
                                                 Harga
                                          = Rp 3.022.000,-
                                                            Rp 2.000,-
                                            
                                          = 15.211
Artinya, pada jumlah volume produksi 15.211 bungkus kemasan perusahaan tidak mengalami keuntungan maupun kerugian





G.    METODE PELAKSANAAN PROGRAM
1.    Perencanaan Program
       Mempersiapkan segala keperluan proses produksi baik berupa peralatan , perlengkapan dan bahan baku serta merencakan cara pemasaran yang akan di gunakan.
2.      Manajemen Kelembagaan
Pembagian Tugas :
a.    Pimpinan :
§  Mengorganisir manajer – manajer yang ada dibawahnya.
§  Mengawasi jalannya usaha.
b.      Manajer SDM :
§  Mengorganisir sumber daya manusia yang ada di dalam suatu usaha.
c.       Manajer Keuangan
§  Mengelola sumber dana dan memproyeksikannya untuk keberlangsungan usaha.
§  Menyusun laporan keungan.
d.      Manajer Produksi
§  Mengorganisir jalannya kegiatan operasional produksi, meliputi persiapan dan pelaksanaan proses produksi.
3. Pelaksanaan
       Melakukan proses produksi di tempat produksi dan setelah produk selesai  di produksi, maka siap untuk di pasarkan melalui 2 cara yakni baik secara langsung maupun dengan menitipkanya di toko,minimarket maupun kos di sekitar Unnes.
1.       Monitoring & Evaluasi
       Setelah segala proses selesai, maka perlu diadakan suatu evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan usaha yang kita jalankan,
      

H.    JADWAL KEGIATAN PROGRAM
No.
Uraian Kegiatan
Bulan Ke-1
Bulan Ke-2
Bulan Ke-3
Bulan Ke-4
Bulan Ke-5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Perencanaan Produksi




















2.
Persiapan dan Pengadaan Bahan Baku




















3.
Pelaksanaan Produksi




















4.
Pemasaran




















5.
Evaluasi Hasil Usaha




















6.
Penyusunan Laporan




















7.
Penyerahan Laporan






















I.       RANCANGAN BIAYA
No.
Uraian
Biaya
1.
Biaya produksi perbulan
Rp 3.022.000,-
2.
Peralatan Penunjang PKM
Rp 1.574.000,-
3.
Perjalanan
Rp 220.000,-
4.
Lain- lain
Rp 5.650.000,-
JUMLAH
Rp 10.466.000,-


J.      LAMPIRAN   
1.      Biodata Ketua dan Anggota
a.       Ketua
Nama                                         : Yuliana Wati
NIM                                           : 7211412071
Jenis Kelamin                             : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir               : Semarang, 26 Juli 1994
Fakultas                                     : Ekonomi
Prodi/Jur/Semester                     : Akuntansi S1/Akuntansi/1
No Hp                                        :089674689046
                                                                                       Ketua,

                                                                                                            Yuliana Wati
                                                                                       NIM : 7211412071
b.   Anggota 1
Nama                                         : Dewi Astutik
NIM                                           : 7211412117
Jenis Kelamin                             : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir               : Grobogan,26 Agustus 1994
Fakultas                                     : Ekonomi
Prodi/Jur/Semester                     : Akuntansi S1/Akuntansi / 1
No Hp                                        : 089670761946


                                                                                                            Anggota 1

Dewi Astutik
NIM : 7211412119
c.       Anggota 2
Nama                                         : Ulfa Prasiska
NIM                                           : 7211412096
Jenis Kelamin                             : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir               : Kebumen, 9 Agustus 1993
Fakultas                                     : Ekonomi
Prodi/Jur/Semester                     : Akuntansi S1/Akuntansi/1
No Hp                                        : 089604774420
                                                                                                           
                                                                                                            Anggota 2


                                                                                       Ulfa Prasiska
                                                                                       NIM : 7211412096



d.       Anggota 3
Nama                                         : Sri Hastuti
NIM                                           : 7211412074
Jenis Kelamin                             : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir               : Kebumen,3 Agustus 1995
Fakultas                                     : Ekonomi
Prodi/Jur/Semester                     : Akuntansi S1/Akuntansi/1
                     No Telepon                                : 087837799300
                                                                                       Anggota 3


                                                                                      
                                                                                                            Sri Hastuti
                                                                                                            NIM : 7211412074
e.  Anggota 4
Nama                                         : Mustaghfiroh
NIM                                           : 7211412077
Jenis Kelamin                             : Perempuan
Fakultas                                     : Ekonomi
Prodi/Jur/Semester                     : Akuntansi S1/Akuntansi/1
                     No Telepon                                : 085742875452
                                                                                       Anggota 4
                                                                                                           

                                                                                                            NIM : 7211412077

2. Biodata Dosen Pendamping
a.       Nama Lengkap dan Gelar       : Henny Murtini, SE, M.Si
b.      Golongan Pangkat dan NIP    : III- b
c.       Jabatan Fungsional                  : Asisten ahli
d.      Jabatan Struktural                   : Penata Muda Tingkat I
e.       Fakultas/Program Studi           : Fakultas Ekonomi / Akuntansi
f.       Perguruan Tinggi                     : Universitas Negeri Semarang
g.      Bidang Keahlian                     :Ekonomi / Akuntansi Keuangan
h.      Waktu Untuk Kegiatan           : 5 jam/ Minggu

                                                                                                            Dosen Pendamping,



                                                                                            ( Henny Murtini, SE, M.Si )
                                                                                            NIP. 197603172008122001


                                                                                                           
3. Rincian Biaya
a. Biaya produksi selama 1 bulan
Nama Bahan
Banyak
Harga Satuan
(Rp)
Jumlah(Rp)
Pisang
8 tundun
40.000,-
320.000,-
Tepung terigu
8 kg
12.000,-
96.000,-
Tepung kanji
4 kg
10.000,-
40.000,-
Soda kue
1 bungkus
5.000,-
5.000,-
Margarin
16 bungkus
         5.000,-
80.000,-
Susu bubuk
2 kg
45.000,-
90.000,-
Telur
4 kg
14.000,-
56.000,-
Gula halus
4 kg
       12.000,-
48.000,-
Minyak goreng
16 l
11.000
256.000,-
Coklat bubuk
2 kg
40.000,-
80.000,-
Garam
1 bungkus
1.000,-
1.000,-
Gaji karyawan
3
300.000,-
900.000,-
Biaya  BBM


200.000,-
Beban listrik


200.000,-
Beban Promosi


300.000,-
Beban air


100.000,-
Beban lain-lain


100.000,-
Pengemas


150.000,-
Total Biaya Produksi Perbulan
3.022.000,-

            b. Peralatan Penunjang PKM
           
No.
Uraian
Kegunaan Dalam
Vol.
Satuan
Biaya Persatuan ( Rp )
Jumlah Biaya ( Rp )
1.
Kompor
Memasak adonan
1 buah
350.000,-
350.000,-
2.
Tabung gas
Memasak adonan
1 buah
150.000,-
150.000,-
3.
Sewa penggiling mie
Pembuatan adonan
1 buah
150.000,-
150.000,-
4.
Wajan
Memasak adonan
2 buah
40.000,-
80.000,-
5.
Blender
Pembuatan adonan
1 buah
200.000,-
200.000,-
6.
Baskom
Tempat adonan
5 buah
20.000,-
100.000,-
7.
Spatula
Pembuatan adonan
2 buah
20.000,-
40.000,-
8.
Nampan
Tempat adonan
5 buah
20.000,-
100.000,-
9.
Pengayak
Pembuatan adonan
2 buah
7.000,-
14.000,-
10.
Tirisan
Pembuatan adonan
2 buah
15.000,-
30.000,-
11.
Sewa penggepres plastik
Pengemasan
1 buah
200.000,-
200.000,-
12.
Sewa timbangan
Pembuatan adonan & pengemasan
1 buah
150.000,
150.000,-
13.
Gunting
Pembuatan adonan
2 buah
5.000,-
10.000,-
Total
1.574.000,-

c. Perjalanan
No.
Uraian
Keperluan
Personal
HOK
Biaya ( Rp )
Tarif ( Rp )
1.
Transport pembuatan dan penggadaan brosur
Promosi
2
2
30.000,-
120.000,-
2.
Transport pengadaan bahan baku
 Produksi
2

10.000,-
20.000,-
3.
Transport penyusunan laporan
Penyusunan laporan
2
2
20.000,-
80.000,-
Total
220.000,-

d. Lain- Lain
No.
Uraian
Vol
Biaya Satuan ( Rp )
Jumlah Biaya ( R
ewa tempat
3 bulan
3.000.000,-
3.000.000,-
2.
Penyusunan Laporan
1
800.000,-
800.000,-
3.
Penyusunan artikel
1
850.000,-
850.000,-
4.
Presentasi seminar
1
1.000.000,-
1.000.000,-
Total

No comments:

Post a Comment