PT. Prudential Life Assurance
( PT Prudential Indonesia )
A.
Profil
Perusahaan
PT Prudential Life Assurance
(Prudential Indonesia)
merupakan perusahaan asuransi jiwa terkemuka di
Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc, grup jasa
keuangan yang berbasis di Inggris, didirikan pada tahun 1995. Memanfaatkan
pengalamannya selama 165 tahun di dunia perasuransian Prudential
Indonesia berkomitmen untuk menyediakan solusi investasi terbaik,
tabungan, dan solusi proteksi asuransi yang paling baik kepada nasabah.
Sejak
peluncuran produk asuransi yang terkait produk investasi pertamanya
di tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi
pemimpin pasar untuk kategori produk inovatif ini. Prudential Indonesia
juga menawarkan variasi produk dan layanan yang dirancang
untuk memenuhi kebutuhan keuangan para nasabah Indonesia yang beragam. Pada 31
Desember 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor
pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 290
kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta,
Batam, dan Bali) di seluruh nusantara. Per 31 Desember 2012, Prudential
Indonesia melayani lebih dari 1,7 juta nasabah.
Prudential
memiliki symbol dan nama yang berasal dari Dewi Prudence (Dewi Kebijaksanaan). Dewi Prudence merupakan ciri khas dan
memiliki keterkaitan yang kuat dengan Prudential sejak pendiriannya pada tahun
1848. Sosok ini mewakili salah satu dari empat kebajikan utama dan mengandung
arti perilaku bijaksana. Dewi Prudence selalu tampil dengan panah, ular, dan
cermin. Anak panah melambangkan kemampuan seorang pemanah yang jitu dan
penuh perhitungan, ular melambangkan kearifan sedangkan cermin menggambarkan
seseorang yang mampu melihat dirinya apa adanya.
B. Visi Perusahaan
Sebagai perusahaan
besar PT Prudential Life Assurance memiliki visi yaitu menjadi perusahaan
asuransi nomor satu di Indonesia dalam hal :
1.
Pelayanan
Terhadap Nasabah
Nasabah adalah kunci utama kunci
utama yang sangat penting dalam bisnis, oleh karena itu nasabah merupakan hal
yang menjadi perhatian utama bagi Prudential untuk mencapai tujuannya menjadi
perusahaan jasa keuangan nomor satu di Indonesia. Prudential akan memberikan
pelayanan maksimal bagi para nasabahnya.
2.
Memberikan
hasil terbaik bagi pemegang saham
Prudential memiliki
komitmen yang tinggi untuk memberikan hasil yang memuaskan kepada para pemegang
saham sehingga mereka akan terus memberikan dukungan yang lebih baik lagi demi
kepentingan perkembangan perusahaan kedepan.
3.
Memperkerjakan
orang – orang terbaik
Prudential
senantiasa mengembangkan kemampuan sumber daya manusianya, baik para tenaga
pemasaran maupun karyawan. Oleh karena itu, Prudential sangat mengutamakan
pendidikan, pelatihan, dan pengembangan bagi para tenaga pemasaran dan karyawan
sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai.
C. Misi
Perusahaan
Menjadi perusahaan jasa keuangan
ritel terbaik di Indonesia, melampaui pengharapan para nasabah, tenaga
pemasaran, staf dan pemegang saham – dengan memberikan pelayanan terbaik,
produk berkualitas, staf serta tenaga pemasaran professional yang berkomitmen
tinggi serta menghasilkan pendapatan investasi yang menguntungkan.
Sebagai
bagian yang tak terpisahkan dari misi perusahaan. Prudential memiliki Empat
Pilar (Four Pillars), yakni pondasi yang merupakan dasar berdiri dan
berkembangnya perusahaan serta yang membedakannya dengan perusahaan –
perusahaan lain. Empat Pilar tersebut antara lain :
1.
Semangat
untuk selalu menjadi yang terbaik.
2.
Bekerja
bersama sebagai satu keluarga.
3.
Organisasi
yang memberikan kesempatan untuk belajar.
4.
Integritas
dan keuntungan yang merata bagi seluruh pihak yang terkait dengan perusahaan.
D. TUJUAN
PERUSAHAAN
Tujuan
utama PT Prudential Life Assurance yaitu :
1.
Menjadi
perusahaan asuransi nomor satu di Indonesia.
2.
Memberikan
pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
3.
Menyediakan
jasa asuransi yang bermanfaat bagi masyarakat.
4.
Tumbuh
dan berkembang bersama masyarakat.
5.
Mencapai
keuntungan yang merata bagi seluruh pihak yang terkait dengan perusahaan.
E. Perencanaan
Program Pemasaran
Pemasaran merupakan ujung tombak
dari segala aktivitas perusahaan. Oleh karena itu program pemasaran sangat
dibutuhkan. PT Prudential Life Assurance memiliki beberapa program pemasaran,
diantaranya :
1.
Direct
Marketing
Berupa
pemasaran langsung kepada masyarakat melalui perantara agen- agen asuransi yang
dimiliki perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Agen – agen ini
bertugas untuk menawarkan kepada masyarakat tentang produk asuransi yang
perusahaan.
2.
Bancassurance (Bekerjasama Dengan Bank)
Selain melalui pemasaran langsung,
Prudential juga melakukan pemasaran dengan bekerjasama dengan bank, baik luar
maupun dalam negeri. Bank – bank tersebut antara lain : Bank Permata, Bank
Standart Chartered, Bank Internasional Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank
UOB Indonesia dan Citibank. Dengan kerjasama ini mempermudah bagi perusahaan
untuk memasarkan produknya ke masyarakat.
3.
Tele Marketing
Dengan adanya tele marketing, maka
masyarakat dapat dengan mudah menghubungi prudential jika mereka berminat untuk
beransuransi pada perusahaan ini. Manfaat lainnya adalah dengan tele marketing
ini nasabah dapat menyampaikan kritik dan saran mereka pada perusahaan sehingga
hal ini dapat menjadikan perusahaan lebih kuat dan dapat senantiasa
menginstrospeksi diri untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.
4.
Ikut Berpartisipasi Dalam Kegiatan
Sosial
Hal ini merupakan cara pemasaran yang
tidak langsung yang dilakukan oleh Prudential. Dengan berpartisipasi dalam
kegiatan sosial secara tidak langsung hal ini dapat membantu perusahaan dalam
mengenalkan produknya di masyarakat serta memberikan citra yang baik bagi
perusahaan. Kegiatan sosial yang pernah Prudential ikuti antara lain : aksi
Jakarta bersih, pengembangan edukasi anak-anak berkebutuhan khusus, penyumbang
kepada yayasan kanker, kegiatan edukasi sadar keuangan kepada pelaku UMKM, dan
masih banyak lagi kegiatan sosial lainnya.
F. Analisis SWOT
Merupakan metode perencanaan
strategis yang digunakan
untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan
yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor
internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan
tersebut. Berikut akan dipaparkan analisis SWOT terhadap PT. Prudential Life
Assurance :
1. Strength (Kekuatan) :
a. Kinerja Perusahaan sangat
baik, meraih prestasi terbaik berturut – turut tahun 2002 – 2012
b. Kualitas
& manfaat produk lengkap (melayani berbagai produk : Tradisional, Unit Link
: Konvensional maupun Syariah)
c. Dukungan
Pelayanan Teknologi Informasi
(SFA), sehingga pekerjaan cepat, akurat dan transparan.
d. Dukungan SDM yang memadai baik untuk staf kantor
maupun kuantitas agen.
e. Menjadi
pemimpin pasar untuk kategori produk inovatif.
f. Berpengalaman
dalam bidangnya.
g. Mempunyai
citra yang baik dimata masyarakat.
h. Memberikan
pelatihan kepada agen pemasaran untuk meningkatkan kualitas agen pemasaran.
i.
Memiliki 290 Kantor Keagenan yang
tersebar di seluruh Indonesia
2.
Weakness (Kelemahan) :
a. Kualitas
agen belum merata baik dari tingkat pendidikan maupun status.
b. Kurangnya
kantor pemasaran.
c. Pelayanan
proses administrasi diperlukan peningkatan.
3.
Opportunity (Peluang) :
a. Jumlah
Penduduk Indonesia > 200 juta
merupakan potensi pasar.
b. Fenomena
bencana alam di Indonesia.
c. Timbulnya
berbagai penyakit di Indonesia.
d. Mahalnya
biaya rumah sakit.
e. Mahalnya
biaya pendidikan.
4.
Threath (Ancaman) :
a.
Persepsi negatif masyarakat terhadap
asuransi di Indonesia.
b.
Perusahaan pesaing baru yang terus
bermunculan.
c.
Munculnya produk – produk baru yang sejenis
yang ditawarkan.
No comments:
Post a Comment