Saturday, May 4, 2013

Perencanaan Program Pemasaran



PT. Prudential Life Assurance
( PT Prudential Indonesia )
A.    Profil Perusahaan
      PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan  perusahaan  asuransi  jiwa  terkemuka di Indonesia dan merupakan bagian  dari  Prudential  plc, grup jasa keuangan yang berbasis di Inggris, didirikan pada tahun 1995. Memanfaatkan pengalamannya selama 165 tahun di dunia perasuransian Prudential  Indonesia berkomitmen untuk menyediakan solusi investasi  terbaik, tabungan, dan solusi proteksi asuransi yang paling baik kepada nasabah.
      Sejak  peluncuran  produk asuransi yang terkait produk investasi pertamanya di  tahun  1999,  Prudential  Indonesia  telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori  produk inovatif ini. Prudential Indonesia juga menawarkan variasi produk  dan  layanan  yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan keuangan para nasabah Indonesia yang beragam. Pada 31 Desember 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 290 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali) di seluruh nusantara. Per 31 Desember 2012, Prudential Indonesia melayani lebih dari 1,7 juta nasabah.
      Prudential memiliki symbol dan nama yang berasal dari Dewi Prudence (Dewi Kebijaksanaan). Dewi Prudence merupakan ciri khas dan memiliki keterkaitan yang kuat dengan Prudential sejak pendiriannya pada tahun 1848. Sosok ini mewakili salah satu dari empat kebajikan utama dan mengandung arti perilaku bijaksana. Dewi Prudence selalu tampil dengan panah, ular, dan cermin. Anak panah melambangkan kemampuan seorang pemanah yang jitu dan penuh perhitungan, ular melambangkan kearifan sedangkan cermin menggambarkan seseorang yang mampu melihat dirinya apa adanya.

B.     Visi Perusahaan
      Sebagai perusahaan besar PT Prudential Life Assurance memiliki visi yaitu menjadi perusahaan asuransi nomor satu di Indonesia dalam hal :

1.      Pelayanan Terhadap Nasabah
Nasabah adalah kunci utama kunci utama yang sangat penting dalam bisnis, oleh karena itu nasabah merupakan hal yang menjadi perhatian utama bagi Prudential untuk mencapai tujuannya menjadi perusahaan jasa keuangan nomor satu di Indonesia. Prudential akan memberikan pelayanan maksimal bagi para nasabahnya.

2.      Memberikan hasil terbaik bagi pemegang saham
      Prudential memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan hasil yang memuaskan kepada para pemegang saham sehingga mereka akan terus memberikan dukungan yang lebih baik lagi demi kepentingan perkembangan perusahaan kedepan.

3.      Memperkerjakan orang – orang terbaik
      Prudential senantiasa mengembangkan kemampuan sumber daya manusianya, baik para tenaga pemasaran maupun karyawan. Oleh karena itu, Prudential sangat mengutamakan pendidikan, pelatihan, dan pengembangan bagi para tenaga pemasaran dan karyawan sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai.

C.    Misi Perusahaan
      Menjadi perusahaan jasa keuangan ritel terbaik di Indonesia, melampaui pengharapan para nasabah, tenaga pemasaran, staf dan pemegang saham – dengan memberikan pelayanan terbaik, produk berkualitas, staf serta tenaga pemasaran professional yang berkomitmen tinggi serta menghasilkan pendapatan investasi yang menguntungkan.
      Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari misi perusahaan. Prudential memiliki Empat Pilar (Four Pillars), yakni pondasi yang merupakan dasar berdiri dan berkembangnya perusahaan serta yang membedakannya dengan perusahaan – perusahaan lain. Empat Pilar tersebut antara lain :
1.      Semangat untuk selalu menjadi yang terbaik.
2.      Bekerja bersama sebagai satu keluarga.
3.      Organisasi yang memberikan kesempatan untuk belajar.
4.      Integritas dan keuntungan yang merata bagi seluruh pihak yang terkait dengan perusahaan.

D.    TUJUAN PERUSAHAAN
      Tujuan utama PT Prudential Life Assurance yaitu :
1.      Menjadi perusahaan asuransi nomor satu di Indonesia.
2.      Memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
3.      Menyediakan jasa asuransi yang bermanfaat bagi masyarakat.
4.      Tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.
5.      Mencapai keuntungan yang merata bagi seluruh pihak yang terkait dengan perusahaan.

E.     Perencanaan Program  Pemasaran
      Pemasaran merupakan ujung tombak dari segala aktivitas perusahaan. Oleh karena itu program pemasaran sangat dibutuhkan. PT Prudential Life Assurance memiliki beberapa program pemasaran, diantaranya :

1.      Direct Marketing
      Berupa pemasaran langsung kepada masyarakat melalui perantara agen- agen asuransi yang dimiliki perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Agen – agen ini bertugas untuk menawarkan kepada masyarakat tentang produk asuransi yang perusahaan.

2.      Bancassurance (Bekerjasama Dengan Bank)
      Selain melalui pemasaran langsung, Prudential juga melakukan pemasaran dengan bekerjasama dengan bank, baik luar maupun dalam negeri. Bank – bank tersebut antara lain : Bank Permata, Bank Standart Chartered, Bank Internasional Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank UOB Indonesia dan Citibank. Dengan kerjasama ini mempermudah bagi perusahaan untuk memasarkan produknya ke masyarakat.

3.      Tele Marketing
      Dengan adanya tele marketing, maka masyarakat dapat dengan mudah menghubungi prudential jika mereka berminat untuk beransuransi pada perusahaan ini. Manfaat lainnya adalah dengan tele marketing ini nasabah dapat menyampaikan kritik dan saran mereka pada perusahaan sehingga hal ini dapat menjadikan perusahaan lebih kuat dan dapat senantiasa menginstrospeksi diri untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

4.      Ikut Berpartisipasi Dalam Kegiatan Sosial
      Hal ini merupakan cara pemasaran yang tidak langsung yang dilakukan oleh Prudential. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan sosial secara tidak langsung hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengenalkan produknya di masyarakat serta memberikan citra yang baik bagi perusahaan. Kegiatan sosial yang pernah Prudential ikuti antara lain : aksi Jakarta bersih, pengembangan edukasi anak-anak berkebutuhan khusus, penyumbang kepada yayasan kanker, kegiatan edukasi sadar keuangan kepada pelaku UMKM, dan masih banyak lagi kegiatan sosial lainnya.

F.     Analisis SWOT  
      Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Berikut akan dipaparkan analisis SWOT terhadap PT. Prudential Life Assurance :

1.      Strength (Kekuatan) :
a.       Kinerja     Perusahaan   sangat  baik, meraih prestasi terbaik berturut – turut tahun 2002 – 2012
b.      Kualitas & manfaat produk lengkap (melayani berbagai produk : Tradisional, Unit Link : Konvensional maupun Syariah)
c.        Dukungan      Pelayanan    Teknologi Informasi (SFA), sehingga pekerjaan cepat, akurat dan transparan.
d.      Dukungan  SDM yang memadai baik untuk staf kantor maupun kuantitas agen.
e.       Menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk inovatif.
f.       Berpengalaman dalam bidangnya.
g.      Mempunyai citra yang baik dimata masyarakat.
h.      Memberikan pelatihan kepada agen pemasaran untuk meningkatkan kualitas agen pemasaran.
i.        Memiliki 290 Kantor Keagenan yang tersebar di seluruh Indonesia

2.         Weakness (Kelemahan) :
a.       Kualitas agen belum merata baik dari tingkat pendidikan maupun status.
b.      Kurangnya kantor pemasaran.
c.       Pelayanan proses administrasi diperlukan peningkatan.

3.         Opportunity (Peluang) :
a.       Jumlah Penduduk Indonesia >  200 juta merupakan potensi pasar.
b.      Fenomena bencana alam di Indonesia.
c.       Timbulnya berbagai penyakit di Indonesia.
d.      Mahalnya biaya rumah sakit.
e.       Mahalnya biaya pendidikan.

4.         Threath (Ancaman) :
a.       Persepsi negatif masyarakat terhadap asuransi di Indonesia.
b.      Perusahaan pesaing baru yang terus bermunculan.
c.       Munculnya produk – produk baru yang sejenis yang ditawarkan.



No comments:

Post a Comment